Uncategorized

Danramil 1614-06 Manggelewa Bantu Prosesi Acara Pembakaran Mayat (Ngaben) Umat Hindu di Doromelo

Spread the love

Dompu:-LINTASRAKYAT-NTB.COM:-Danrami 1614-06 Manggelewa Kapten Inf Maturidi anggota Dandim 1614/Dompu , ikut membantu dan mengamankan jalannya prosesi pembakaran mayat (ngaben) umat hindu bali , yang telah meninggal dunia didesa Doromelo kecamatan Manggelewa , Minggu (14/11/2021).

Acara prosesi pembakaran mayat yang dilakukan dirangkaikan dengan beberapa kegiatan dalam penyiapannya untuk prosesi pembakaran , agar saat jalannya prosesi pembakaran dapat berjalan lancar sesuai dengan tradisi dan budaya bagi hindu bali.

Salah satu tokoh adat Mangku cemong (Mangku Pura Banjar girimerta sari) sangat sibuk dengan semua acara penyiapannya yang dibantu oleh para tokoh lainnya ,Bhabinkamtikmas Doromelo,babinsa Desa Doromelo dan juga masyarakat agar semua sebelum pelaksanaan prosesi pembakaran mayat (ngaben) semua dalam kondisi siap dan tidak menghambat jalannya acara.

Dalam kesempatannya Danrami 1614-06 Manggelewa Kapten Inf Maturidi mengatakan “saya mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dalam rangka penyiapan acara ini , karena acara ini merupakan sebuah acara adat dan budaya bagi umat hindu bali sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianut didesa Doro Melo Kec Manggelewa ini , sudah barang tentu acara ini adalah milik masyarakat disini , untuk itu kita sama – sama membantu”.ujarnya.

Lebih lanjut “atas nama pribadi saya turut berduka cita atas kepulangan saudara kita tercinta Nl Made Madi di umur ke 60 thn ke pada sang pencipta , dan mudah – mudahan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan oleh tuhan”.ungkapnya.(OM JEKs RED)