POLRES DOMPU

IPMDN Gelar Sosialisasi Bahaya Narkotika, Pematerinya Ketua BNK dan Kasat Narkoba

Spread the love

Lintasrakyat-ntb.com ~ Polres Dompu, NTB – Ikatan Pemuda Mahasiswa Desa Nowa (IPMDN) mengadakan sosialisasi bahaya Narkotika di Dusun Nowa, Desa Nowa, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.

Pada kegiatan yang mengusung tema “Revitalisasi Peran Pemerintah Dan Penegak Hukum Terhadap Tindak Pidana Pengguna Narkoba” ini, tampak Ketua BNK H. Syahrul Parsan dan KasatresnΣarkoba Polres Dompu, Iptu Muh. Sofyan Hidayat selaku pemateri.

BAHKAN, acara yang diketuai oleh Ardiansyah, SH., ini diikuti oleh peserta yang tak kurang sekitar 50 orang, termasuk Pihak DP3A ibu. Endang PA, SH, Sabtu (2/12/2023) siang kemarin sekira pukul 14.30 Wita.

Pada pelaksanaannya, setelah Pembukaan, Pembacaan ayat suci al-qur’an, dan Sambutan ketua panitia, acara pertama yakni Penyampaian materi oleh Ketua BNK Kab. Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT.

Ketua BNK sekaligus Wakil Bupati Dompu ini, pada kesempatannya menyampaikan bahwa Tugas utama daripada BNK ini adalah melakukan sosialisasi terhadap pencegahan penyalah gunaan narkoba khusus kepada anak-anak.

“Ucapan terimakasih kepada panitia pelaksana telah mengadakan acara sosialisasi seperti ini, karena memang telah banyak anak-anak dari tingkat SD, SMP dan SMA dikarenakan sekali mencoba pasti akan ketagihan,” sebutnya.

Pemerintah Dompu telah mengeluarkan perda terkait dengan penyalahgunaan narkoba dan dapat melakukan cek medis di RSUD apabila tidak mampu di tangani maka pemerintah daerah akan berkomunikasi dan mediasi dengan tempat rehabilitasi narkoba di lido biaya ditanggung oleh pihak keluarga.

“Apabila ada perubahan sikap dan perilaku anak dengan ciri-ciri berdiam diri dan suka melamun maka patut kita sebagai orang tua wajib menanyakan hal tersebut agar cepat keluar dari lingkaran tersebut, kemudian memberikan kesibukan positif seperti mengaji, mencari pekerjaan rutin yang positif,” paparnya.

Sementara giliran materi oleh Kasat Narkoba Polres Dompu Iptu Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos., juga menyampaikan ucapan terima kasih atas inisiatifnya mengadakan kegiatan yang sangat positif ini.

“Tentunya dalam rangka juga membantu kami tugas kami dari BNK juga kepolisian sebagai penegak hukum kegiatan ini akan dilaksanakan secara periodik bukan hanya di desa Nowa saja namun seluruh desa-desa di kabupaten Dompu,” jelasnya.

Penyalahgunaan narkoba adalah tugas kita bersama Kenapa mata bilang nggak tugas kita bersama karena yang paling besar peran dalam penyalahgunaan narkotika ini adalah orang tua.

“Kami baru 2 minggu bertugas sebagai Kasat Narkoba Polres Dompu dan alhamdulillah sudah beberapa kali melakukan pengungkapan,” jelas Kasat.

Ia juga jelaskan, bahwa Narkoba adalah zat-zat alami maupun kimiawi yang apabila di masukan kedalam tubuh baik secara oral (minum, hirup, hisap dan sedot) maupun secara injeksi /suntikan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang, jenis-jenis narkoba.

“Yaitu Ganja, yang menyebabkan pengunaanya ingin makan terus serta membuat perasaan tenang,” ungkapnya.

Sementara jenis lainnya, Sabu, menyebabkan penggunaanya kuat dan merasa kenyang ditambah Ecstasy, jenis ini sering digunakan di tempat hiburan malam, Tembakau Cap Gorilla, membuat penggunanya berhalusinasi, Flakka, membuat pengguna jadi seperti zombie, serta Jamur tahi sapi.

Kegiatan berakhir pukul 17.50 wita berjalan aman dan lancar.( Om Jeks )