POLRES BIMA

Polres Bima Mulai Menggelar Program 1 juta Vaksinasi Booster

Spread the love

Lintasrakyat-ntb.com:-Polres Bima mulai menggelar Program 1 juta Vaksinasi Booster dalam rangka menjelang mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kamis (21/4/22).


Vaksinasi yang dimulai Pukul 09.30 Wita pagi tadi itu dilakukan secara drive Thru yang menyasar para pengguna jalan Sultan M Salahuddin.

Selain para pengguna jalan, Gerai Vaksin Persisi Merdeka Polres Bima juga melayani vaksinasi terhadap warga Desa Panda.

Polres Bima sendiri akan menggelar program 1 juta Vaksin Booster ini selama 3 hari berturut-turut. Mulai Tanggal 21 hingga 23 April.

“Bahwa dilaksanakan vaksinasi serentak mulai hari ini, Kamis, Tanggal 21, 22, 23 [April], dengan sasaran vaksin booster Dosis ketiga,” terang Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko, SH, S.I.K, mengutip Kasi Humas, Iptu Adib Widayaka.

Adapun targetnya, Lanjut Kapolres Bima, secara nasional sebanyak 1 juta. Sementara untuk Provinsi NTB sebanyak 44.106, dan Kabupaten Bima sebanyak 4.119 orang.

“Semuanya ditargetkan untuk Vaksin Booster Dosis 3,” tukas Kapolres.

Ditambahkannya, masyarakat tidak perlu was-was untuk melakukan vaksinasi meski tengah menjalankan ibadah puasa. Karena paparnya, merujuk fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 13 Tahun 2021 Tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa, menetapkan ketentuan hukumnya, pertama, Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa, dan kedua Melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang berpuasa dengan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dlarar).

MUI bahkan menuangkan dalam salah satu rekomendasinya di point 3, Umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19.

Menariknya, Kapolres Bima secara langsung menyerahkan amplop berisi sejumlah nominal kepada masing-masing warga usai Pelaksanaan Vaksinasi menggunakan Klinik Polres Bima tersebut

“Itu hanya semacam stimulus bagi warga yang melakukan vaksinasi di Gerai Vaksin Presisi Merdeka Polres Bima,” ungkap Kapolres.

Adapun data yang divaksin, menukil Adib, yang melakukan registrasi sebanyak 40 orang, yang ditunda 4 orang.

“Jadi total yang divaksin sebanyak 36 orang. Dengan rincian Dosis 1, 7 orang, Dosis 2, 7 orang, dan Dosis 3, 22 orang,” rinci Adib.

Sedangkan Vaksin yang terpakai, jenis Pfizer sebanyak 4 Vial, Coronovac, 5 Vial.

“Untuk sisa stok vaksin, jenis Pfizer sebanyak 10 vial atau 66 dosis, dan Coronavac, 62 vial atau 124 dosis,” tutup Adib. ( Om Jeks )