Pemerintah

Ungkapan Kebanggaan tersendiri Kapolres Dompu Hadiri Upacara HUT NTB ke 63 di Lapanva Beringin Bupati Dompu

Dompu:-Lintasrakyat-ntb.com-Dalam memperingati HUT Nusa Tenggara Barat (NTB) ke 63 Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K ikut hadir dalam kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar Upacara di Lapangan Beringin Kantor Bupati, Jumat Pagi, 17/12/2021.

Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Provinsi NTB oleh Asisten Aparatur Sipil Negara Drs. H. Sudirman Hamid.

Adapun petugas upacara kali ini yang bertindak sebagai inspektur upacara yakni Wakil Bupati Dompu Bapak H. Syahrul Parsan. ST, MT. dan Komandan upacara Kanit Regiden Polres Dompu Ipda I Putu Mahardika, hadir pula FORKOPINDA dan seluruh pejabat OPD se-Kabupaten Dompu.


Dalam amanatnya Wakil Bupati Dompu selaku inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur NTB yang mengatakan Kita Pada Penghujung Maret Tahun 2020 lalu, mengonfirmasi satu pasien covid-19 Pertama Di NTB. Sejak Itu, Kita Mulai Berjibaku menghadapi pandemi. kini kita bersyukur menyaksikan capaian menggembirakan yang ditandai dari melandainya temuan kasus covid-19 serta capaian Vaksinasi Yang Menggembirakan.

“Pandemi Telah Menunda Begitu Banyak rencana. rencana pembangunan daerah yang merupakan rencana kolektif kita sebagai masyarakat ntb. selama hampir dua tahun kita menjalani masa-masa sulit di bawah kita. Allah SWT tuhan yang maha kuasa tampaknya sedang menguji kekuatan kolektif kita sebagai sesama umat manusia, sebagai sesama warga bangsa juga sebagai sesama masyarakat NTB”, ujar Wakil Bupati Selaku Inspektur Upacara.

Lanjutnya, Wakil Bupati mengatakan dalam beberapa hari yang lalu, masyarakat kita juga harus menghadapi ujian lain, yaitu bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah daerah. saudara-saudara kita para korban bencana, harus kehilangan rumah, harta benda, bahkan orang-orang tercinta. namun di balik musibah, kita juga menyaksikan betapa kolektivitas kita masih sangat terawat. dalam kesempatan pertama sejak bencana terjadi, kita saksikan aksi spontanitas, solidaritas serta bantuan dari berbagai kalangan. mulai dari pemerintah, hingga elemen masyarakat maupun perorangan yang langsung membantu para korban.
“Bencana demi bencana harus mampu menyadarkan kita bahwa manusia tidak boleh semena-mena di muka bumi ini. ada makhluk lain yang berhak tumbuh bersama kita, seiring sejalan dalam keseimbangan, kelestarian lingkungan hidup harus menjadi perhatian kita bersama, ntb asri dan lestari adalah sebuah keniscayaan”,lanjutnya.

Segenap masyarakat nusa tenggara barat yang saya cintai, kerja keras, inovasi dan kreativitas sangat di butuhkan untuk menapaki era baru yang sudah hadir di depan mata. kita harus tetap optimis dan perlu terus mendorong agenda-agenda strategis, Seperti saat kita menggelar rangkaian acara berskala internasional, yaitu iatc dan world superbike di kawasan mandalika pada medio november kemarin.

Meski masih diwarnai dengan berbagai kendala, pada akhirnya IATC dan WSBK berhasil kita gelar. tentu saja ada banyak kekurangan dalam penyelenggaraannya. tapi, di sisi lain perhelatan ini jelas telah membawa banyak pengalaman dan pelajaran berharga untuk kita semua. misalnya, pelaku usaha jasa transportasi maupun hotel dan restoran menikmati kenaikan pendapatan yang signifikan, bahkan, PHRI melaporkan hotel rata-rata kamar di NTB terisi sampai 100 persen. selain kedua bidang usaha tersebut, IATC dan WSBK juga menciptakan peluang emas bagi umkm lokal. ada begitu banyak umkm yang terlibat dan menikmati manfaat finansial secara langsung dalam perhelatan ini. perputararan uang di seputar kawasan mandalika pun mengalami lonjakan yang menggembirakan. ini tentu saja menambah perolehan pendapatan bagi daerah.
Momentum ini pun, Gubernur NTB mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah Kabupaten/ Kota se NTB atas keberhasilannya dalam menoreh prestasi di wilayah masing-masing.

Wakil Bupati Dompu menyampaikan bangga menjadi Masyarakat NTB “kita pernah berada dalam gelembung dan sekarang kita sudah menjadi bagian global yang sangat menentukan untuk dinamika Indonesia. Untuk mencapai pencapaian tersebut siapapun pemimpinnya harus bersikap adil dan merata, di usia ke 63 HUT NTB ini menjadi kesiapan kita untuk menghadapi agenda-agenda besar pada tahun selanjutnya”, ungkapnya.

H. Syahrul Parsan mengatakan, Kita akan mengawali tahun 2022 dengan menggelar adu balap motogp di tanah mandalika. menggelar motogp adalah tantangan yang lebih kompleks, dengan tingkat persiapan yang pasti lebih serius. sekali lagi, daerah kita akan menjadi sorotan dunia internasional dengan skala yang tentu saja LEBIH dahsyat dari sebelumnya, ntb akan buat cerita, NTB akan banggakan indonesia. di lombok barat, kita menyaksikan upaya serius untuk membangkitkan kembali kejayaan berbagai kawasan wisata di ujung barat ntb ini.

“Pemprov NTB tentunya akan memberikan dorongan bagi ikhtiar mulia ini. di lombok timur, target investasi senilai lebih dari 13 triliun dalam wujud pembangunan pltb lombok timur berkapasitas 115 megawatt, yang selaras dengan program ntb hijau dan mendukung pengembayakan sektor pariwisata di ntb tengah. DI lombok utara, Mampu untuk menghadirkan pusat pertumbuhan baru yaitu global HUB khayangan, akan terus kita rawat”,tutupnya.

Seusai penggelaran Upacara Hut NTB Ke 63 AKBP Iwan Hidayat, S.I.K yang baru menjabat sebagai Kapolres Dompu saat di konfirmasi mengatakan ini adalah Upacara pertama saya sebagai Kapolres Dompu yang baru dalam rangka HUT NTB yang Ke 63.

“Saya selaku Kapolres Dompu yang baru sangat bangga bisa mengemban tugas di NTB khususnya sebagai Kapolres di Kabupaten Dompu. Ini adalah momentum yang sangat menjadi kebanggaan saya tersendiri bisa menghadiri upacara peringatann HUT yang Ke 63. Saya berharap selama saya menjabat sebagai Kapolres Dompu dapat mengemban tugas yang di berikan Allah SWT dalam menjaga situasi Kamtibmas di Wilyah Kabupaten Dompu akan tetap kondusif sampai dengan seterusnya”,tutup Kapolres AKBP Iwan Hidayat, S.I.K.

Usai pelaksanaan Upacara di lanjutkan dengan kegiatan pemberian penghargaan kepada Camat, Kapolsek dan Danramil Sekabputen Dompu dalam pencapaian Target Vaksinasi.(Om Jeks)