Uncategorized

Bhabinkamtibmas gandeng Babinsa Desa nangatumpu Kawal kegiatan Ritual Angluk Merana (doa tolak bala bersama

Spread the love

Dompu:-Lintasrakyat-ntb.com:-Sebagian umat Hindu di Desa Napa Kecamatan Manggelewa menggelar ritual Angluk Merana (doa tolak bala bersama) di pesisir pantai di napa kec manggelewa, sebagai upaya menjauhkan bangsa Indonesia dari berbagai bencana.Sabtu (04/12/21)

Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Nangatumpu Polsek Manggelewa Bripka Dewa Gede Bony Mahardika dan Serda Imansyah melaksanakan tugas di desa pada prosesi ritual tersebut mengatakan kegiatan itu untuk memohon kepada sang pencipta agar seluruh umat manusia di Indonesia mendapatkan perlindungan.

Prosesi ritual tersebut diawali dengan sembahyang tanda syukur kepada Tuhan, kemudian dilanjutkan dengan berdoa dan makan bersama, termasuk dengan para undangan.

Pemangku adat yaitu Mangku Jero mengatakan dengan dilaksanakannya acara itu, umat manusia dari berbagai suku, agama dan ras diharapkan mendapatkan nikmat dan karunia dari sang maha pencipta.

Ia menambahkan prosesi ritual tersebut boleh diikuti oleh sebagian warga masyarakat Hindu saja arau perwakilannya saja mengingat sekarang masih suasana pandemi covid 19.Hanya beberapa perwakilan umat Hindu saja yang mewakili acara tersebut.

Mangku Jerok,juga menjelaskan “acara sukuran tolak tolak bala yang dilakukan sekali setahun yang bertepayan dengan bulan mati ke 6 ( tilem )
.
Pada prosesi acara ini juga di hadiri oleh Kepala Desa Nagatumpu. Seusai doa bersama, warga Hindu juga menggelar makan bersama dengan sajian makanan yang telah disediakan dan acara ritual tersebut dilaksanakan guna memohon keselamatan seluruh warga masyarakat kepada sang pencipta.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya ritual tersebut bangsa Indonesia terhindar dari segala petaka.(*)

Di tempat terpisah Danramil manggelewa Kapten Inf Maturidi membenarkan bahwa ada kegiatan acara doa Tolak bala yang di laksanakan oleh masyrakat Napa yang bergama Hindu,acara ritual tersebut dilaksanakan guna memohon keselamatan seluruh warga masyarakat kepada sang pencipta

Hal yang sama di jelaskan oleh kapolsek.manggelewa Aiptu Abadul Malik.SH mengatakan selain memohon keselamatan seluruh warga masyarakat kepada sang pencipta juga nemohon agar virus Covid 19 yang mendunia cepar lenyap di muka bumi dan Ia berharap, dengan dilaksanakannya ritual tersebut bangsa Indonesia terhindar dari segala petaka Baik petaka yang nyata maupun petaka yang tidka nyata seperti virus covid 19.

Kegiatan tersebut di mulai sejak jam 07.00 berakhir pukul 11.30 dan alhamdulillah kegiata berjalan dengan lancar dan Aman” Tutup Kapolsek

Reporter :Ismail

Editor      : Om Jeks LR