DOMPU NTB

Pemda Dompu Salurkan Bantuan Pangan Masyarakat

Spread the love

.

Lintasrakyat-ntb.com ~ Bupati AKJ : Saya Tegaskan, Dinas/Instansi Khususnya Petugas Pendataan dan Penyalur Bantuan Desa/Kelurahan Agar Jalankan Tugas Dengan Baik dan Bantuan Ini Harus Tepat Sasaran.

Dompu,-Pemerintah Kabupaten Dompu pada Jumat (14/04/23) tadi secara resmi melaunching pendistribusian bantuan pangan beras secara serentak di seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Penyaluran bantuan pangan berupa beras secara serentak tersebut diperuntukan bagi warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak sesuai dengan data yang sudah ada.

Kegiatan peluncuran bantuan pangan itu dilakukan secara langsung oleh Bupati Dompu di dampingi Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST,MT, Asisten Setda Dompu, Kepala OPD, Unsur TNI Polri, Perwakilan Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Bulog Cabang Bima, Pejabat Lingkup Pemda Dompu dan sejumlah warga penerima manfaat bertempat di Aula Pandopo Bupati.

Bupati Dompu H. Kader Jaelani mengungkapkan, kegiatan peluncuran bantuan pangan berupa beras untuk keluarga penerima manfaat atau yang berhak, merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Daerah dalam menekan angka kemiskinan. Bahkan kegiatan ini juga menjadi petanda bahwa pendistribusian bantuan pangan beras oleh Pemda Dompu yang mulai dilaksanakan di seluruh desa/kelurahan ini merupakan bukti nyata perhatian pemerintah terhadap masyarakat kurang mampu.

“Insya Allah beras yang akan disalurkan ini memiliki kualitas beras baru dengan mutu terbaik,”ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, bantuan pangan yang disalurkan ini, dalam rangka menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi. Ini menunjukan bahwa pemerintah sangat konsen terhadap masyarakat, karena selain BLT atau bantuan langsung tunai juga ada bantuan pangan beras Bulog, kemudian ada juga SPHP dan semuanya tercover, sehingga diharapkan 3 bulan ke depan saudara-saudara kita dapat merasakan manfaatnya.

Oleh sebab itu Bupati Dompu berharap, agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya guna memenuhi kebutuhan pangan dan gizi warga.

“Saya yakin masyarakat akan sangat senang dan bahagia menerima bantuan ini, terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi di bulan Ramadhan ini,”ujar Bupati.

Lanjut Bupati AKJ, program ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat sasaran penerima bantuan pangan, serta dapat mengurangi kerawanan pangan, kemiskinan dan gizi buruk, serta dapat mengendalikan dampak inflasi untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat produsen dan konsumen.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi warga kita yang kurang beruntung atau tidak mampu,”ujar Bupati.

“Saya tegaskan, kepada Dinas/Instansi terkait terutama petugas pendataan dan penyalur bantuan yang ada di desa/kelurahan masing-masing, untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga bantuan pangan ini tepat sasaran.

“Salurkan bantuan pangan ini sesuai dengan data yang telah ditetapkan untuk warga yang betul-betul Keluarga Penerima Manfaat atau kurang mampu,”tegas Bupati AKJ.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Ilham, SP menyampaikan, kabupaten Dompu mendapatkan bantuan pangan berupa beras sebanyak 270 ton dan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional dan ditugaskan kepada Perum Bulog sebagai mitra logistik lainnya, dan pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Dinas Sosial akan melakukan pendistribusan dan pengawasan secara langsung.

“Kami bisa pastikan, bantuan pangan ini akan langsung di distribusikan tepat sasaran dan masing-masing KPM akan mendapatkan jatah sebanyak 10 kg beras,”ungkapnya.( Om Jeks )