POLRES DOMPU

Tim search and rescue (SAR) gabungan polres Dompu, Berhasil mengevakuasi Dua korban Nelayan di Pulao satonda

Spread the love

DOMPU – lintasrakyat-ntb.com ;- Polres Dompu Polda NTB ~ Tim search and rescue (SAR) gabungan polres Dompu melakukan pencarian terhadap dua orang nelayan yang saat itu keluar menggunakan perahu dari pantai desa karombo, Kecamatan. Pekat, Kabupaten Dompu, dengan maksud hendak pergi melaut (mancing ikan) di takat mboha perairan Beranti,pada hari Minggu 12 pebruari 2023

Kasi Humas Polres Dompu Ipda Akhmad Marzuki saat di kompirmasi menjelaskan” saat itu kedua korban berada Dalam perjalan menuju takat mboha perairan Beranti untuk memancing Namun tiba – tiba di tengah laut cuaca kurang bersahabat, hujan angin disertai gelombang menghantam perahu yang di tumpangi 2 (orang) tersebut yang mengakibatkan kantir perahu bagian kiri patah dan menyebabkan perahu terbalik (tenggelam)” jelas’Marzuki

Lanjutnya, Setelah beberapa menit mengapung dengan perahu yang dipenuhi air salah seorang dari korban atas nama Saudara Saeful Abakar S.Pd, memutuskan untuk berenang ke tepi pantai Beranti dengan maksud untuk mencari bantuan masyarakat yang berada di sekitar pesisir pantai Beranti untuk evakuasi perahu tersebut,”

” Sementara salah satu temannya bernama Rizki Saputra,Masi berada di atas perahu yang terapung, sambil menunggu bantuan,namun Sekitar pukul 16.00 wita, Saudar Rizki Saputra yang tinggal di atas perahu melihat perahu nelayan lain yang melintas kemudian melambaikan tangan nya seraya meminta bantuan sehingga Rizki Saputra berhasil di evakuasi menuju pantai beranti, Ds. Beranti, Ds. Nangamiro, Kec. Pekat, Kab. Dompu,” terangnya

“Sementara, perahunya tidak bisa terselamatkan dikarenakan ada dalam keadaan tenggelam dan hanyut, sementara korban bernama Saiful Akbar yang berenang mencari bantuan belum juga di ketahui keberadaannya”.

“Mengingat temannya tersebut tidak di temukan akhirnya Saudar Rizki Saputra melaporkan kejadian tersebut kepada Pos Polairud Polres Dompu,”

“Menindak lanjuti laporan Saudar Rizki Saputra akhirnya anggota anggota Pos Polairud mengambil langkah-langkah untuk turun ke TKP. Sehingga pada Pukul 20.30 wita, anggota Pos Polairud Polres Dompu bersama instansi terkait ( Komandan kapal XXI-2008 Dit Polairud Polda NTB, Polsek Pekat, TNI AL, Syahbandar Calabai, Babinsa Desa Karombo, dan masyarakat nelayan) melakukan pencarian menuju arah pulau satonda”

Alhasil kata Marzuki, setelah beberapa lama di lakukan pencarian namun pada Pukul 21.40 wita korban berhasil ditemukan di pesisir pulau satonda dalam keadaan selamat, kemudian korban di Evakuasi menuju Desa Karombo”

“Akhirnya kedua korban di antara kan oleha anggota pos Polairud, bersama komandan kapal XXI -2008 Dit Polairud Polda NTB, Polsek Pekat, dan anggota TNI – AL, ke rumah masing-masing utk di pertemukan dengan pihak keluarga dalam keadaan sehat” tutup Marzuki ( Om Jeks ).