POLRES DOMPU

Polres Dompu bersama Forkopimda Gelar Upacara Hari Pahlawan Dirangkai dengan Ziarah ke Makam Pahlawan

Spread the love

Lintasrakyat-ntb.com:- Polres Dompu, NTB – Memperingati Hari Pahlawan yang Ke 77, Pemda Dompu bersama Forkopimda termasuk Polres Dompu mengikuti Upacara Kekhidmatan yang berlangsung di Lapangan Beringin, Paruga Parenta Nggahi Rawi Pahu, Dompu, Kamis (10/11/2022) sekira pukul 08.00 Wita.

Usai pelaksanaan upacara, seluruh Forkopimda melanjutkan ziarah yang diisi dengan upacara penghormatan sekaligus tabur bunga di laksanakan di Makam Pahlawan Desa Lepadi, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu.

Turut hadir Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, S.T. M.T., sekaligus selaku inspektur Upacara, sementara di sisi VVIP tampak Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A.Md Par., Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K. Dandim 1614 Dompu Letkol Kav. TAUFIK,S.Sos, Serta perwakilan dari Kejari Dompu.

Di samping itu, tampak pula Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, S.Km., M.Kes, Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauludin, S.Sos., PJU Polres dan Kodim 1614 Dompu, serta para Pimpinan OPD Dompu bersama Para Kades.

Dalam pelaksanaannya, yang ditunjuk selaku perwira Upacara yakni Kabag Ops Syamsulrijal sementara Komandan Upacara yang ditunjuk yaitu IPDA Mahardika.

Diuraikan pula seluruh rangkaian kegiatan upacara yakni sebagai berikut.

  1.  Komandan upacara memasuki lapangan upacara
  2. Inspektur Upacara wakil Bupati Dompu bersama rombongan tiba di lapangan upacara pasukan di siapkan
  3. Laporan perwira upacara
  4. Laporan komandan upacara
  5. Pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka Dompu
  6. Mengheningkan cipta
  7. Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang dikuti oleh peserta upacara
  8. Pembacaan naskah pembukaan UUD 1945
  9. Pembacaan pesan-pesan perjuangan pahlawan
  10. Amanat menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia dibaca oleh Inspektur Upacara, H. Syahrul Parsan, S.T., MT,. :
  • Puji syukur ke hadirat tuhan yang maha kuasa, atas berkat dan karunia-nya pada hari ini tanggal 10 november 2022 kita memperingati hari pahlawan seraya memanjatkan doa terbaik bagi seluruh pahlawan bangsa yang gugur di medan laga.
  • Hari pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka, kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya.
  • Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata- nyata berada di hadapan kita, pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.
  • Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan, kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang.
  • Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. sekali merdeka, tetap merdeka, untuk itu, kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan, melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan, mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi tidak mudah memang tapi pasti bisa.
  • Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa depan saudara-saudara, sebangsa dan setanah air teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan hari pahlawan tahun ini, pahlawanku teladanku. dengan semangat “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”, peringatan hari pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. janganlah kita mau untuk dipecahbelah, ingatlah seloka bhinneka tunggal ika.
  • mari kita jadikan momentum peringatan hari pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama, bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan, bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan, bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan republik indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa,

ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah, pahlawan akan menjadi teladan bagi kita untuk menjadi menata masa depan, selamat hari pahlawan tahun 2022.

  1. Doa
  2. Andika Bhayangkari
  3. Laporan Komandan Upacara
  4. Penghormatan pasukan kepada inspektur Upacara
  5. Inspektur Upacara meninggalkan Lapangan Upacara.

Upacara di lapangan beringin berakhir pukul 09.00 Wita berjalan aman dan lancar, yang kemudian dilanjutkan dengan ziarah sekaligus upacara penghormatan di Makam Pahlawan Desa Lepadi, sekira pukul 09.30 Wita dengan rangkaian acara sebagai berikut:

  1. Inspektur Upacara tiba di Tempat upacara.
  2. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara.
  3. Penghormatan kepada arwah para pahlawan.
  4. Mengheningkan cipta.
  5. Peletakan karangan Bunga oleh inspektur upacara.
  6. Pembacaan doa.
  7. Penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.
  8. Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara.

Adapun Pejabat-pejabat penyelenggara upacara penghormatan yakni sebagai berikut:

  1. Inspektur Upacara Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan, ST.MT.
  2. Perwira upacara PJS Danramil Manggalewa Lettu Inf. Syaifudin
  3. Komandan Upacara Danramil 1614/01/Dompu Kapten Kav. M. Kasim

Sementara Susuan Pleton Upacara yang berlangsung khidmat itu yakni sebagai berikut:

  1. 1 pleton Gabungan perwira Kodim 1614 Dompu dan Polres Dompu.
  2. 1 pleton pimpinan OPD lingkup Pemkab Dompu
  3. 1 pleton Personil Kodim 1614 Dompu
  4. 1 pleton personil polres Dompu.
  5. 1 pleton gabungan Ibu Pkk Kab Dompu, persit 1614 Dompu dan bhayangkari Polres Dompu
  6. 1 pleton korsik

Setelah melaksanakan prosesi upacara ziarah nasional, seluruh pejabat dan peserta upacara melaksanakan tabur bunga ke makam para Pahlawan yang berada di Taman Makam Pahlawan, Kegiatan berakhir pukul 10.00 wita berjalan aman dan lancar.( Om Jeks )‏