Uncategorized

Pokdarwis Desa Madaprama, melaksanakan penghijaun di seputaran Destinasi wisata Madaprama.

Spread the love

Lintasrakyat-ntb.com. Woja,– Beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Dompu sedang gencar-gencarnya melaksanakan Sosialisasi terkait degan rencana pembatasan pembukaan Kawasan, hal ini bertujuan agar Musibah Banjir maupun bencana alam yang belakangan ini sering menjadi trending topik di beberapa Media Lokal sampai dengan media Nasional, baik cetak online maupun media televisi tidak terjadi lagi. Sehingga pemerintah mengambil jalan alternatif yakni dengan cara memberikan pembatasan atau memberikan ketegasan kepada segenap lapisan masyarakat agar tidak lagi membuka lahan untuk alasan apapun, ini bukan hanya di kabupaten Dompu saja yang memberikan kebijakan tersebut, melainkan berskala propinsi NTB.
Di satu sisi pemerintah juga menghimbau kepada segenap masyarakat agar lahan-lahan yang tidak terpakai atau lahan kosong agar di lakaukan menghijaukan kembali atau sering de sebut Reboisasi.

Hal ini pulalah yang menginisiasi Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yang melaksanakan Penghijauan di seputaran Tempat Destinasi wisata Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Hal ini di sampaikan oleh SURIADIN selaku ketua Pokdarwis Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, saat di konfirmasi oleh awak media ini melalui via WhatsApp. Jumat (14/1/22) sekira pukul 18.00 witta, menjelaskan

“Kami POKDARWIS desa Madaprama melakukan penanaman perdana bibit buah-buahan, Durian,Alpukat,Srikaya Mahuni,yg berlokasi seputar parawisata desa Madaprama kec.woja kab.dompu, yang dimana dalam lokasi parawisata ini kami meliha banyak hal yg harus di kembangkan untuk jangka panjang, termasuk melakukan rehabilitasi lingkungan seputar wisata menjadi wisata mikro dan wisata yg memiliki ciri khas pepohonan, termasuk pohon buah-buahan yg akan menjadi daya tarik wisatawan/pengunjung” pungkasnya.

Lebih lanjut Suriadin mengatakan dalam hal ini kamipun POKDARWIS DESA MADAPRAMA dengan serius merawat dan mengembangkan potensi alam ini diatas musyawarah dan mufakat secara bersama dengan cara melestarikan alam yg berkelanjutan dengan Sega asas manfaat untuk masyarakat Madaprama.” Jelasnya

“bertempat di lokasi kawasan hutan resort soriutu RTK 55 Wilaya BKPH TOFO PAJO SOROMANDI dan kami sebagai POKDARWIS kolempok sadar wisata terlibat langsung sebagai subjek untuk menciptakan potensi alam yg harus dilestarikan secara bersama.” Tambahnya

Dalam kesempatan itu juga Jaharudin dan Syamsulrijal Sebagai anggota Resort soriutu RTK 55 Wilaya BKPH TOFFO PAJO SOROMANDI dengan ikhlas memberikan sumbangsih pribadi bibit buah-buahan Durian,Alpukat,Srikaya,Mahuni pada hari juma’at tgl 14 Januari 2022 jam 14:11, yg kemudian langsung kita melakukan penanaman dan di dampingi oleh kami berdua anggota Resort soriutu RTK 55 Wilaya BKPH TOFFO PAJO SOROMANDI dengan solid kita melakukan penanaman tsb bersama Anggota POKDARWIS DESA MADAPRAMA, satu kesimpulan dari kami Petugas BKPH Jika cara dan sikap di antara kita untuk saling memberi edukasi dan saling merangkul demi terwujudnya sebuah perubahan yg baik maka akhir dari pada cerita indahan adalah milik kita bersama dan dinikmati secara bersama.” Ucap Jaharudin anggota BKPH. (LR MA’RUF)