POLRES DOMPU

BHABINKAMTIBMAS MELAKSANAKAN MEDIASI PENYELESAIAN MASALAH WARGA DENGAN CARA PROBLEM SOLVING

Spread the love

Lintasrakyat-ntb.com~Polres Dompu Polda NTB–
Problem solving adalah strategi pemecahan masalah yang dilaksanakan oleh pengemban fungsi Bhabinkamtibmas Polri untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Tujuan dilaksanakan problem solving adalah untuk mendamaikan permasalahan terhadap warga yang bermasalah.

Seperti halnya yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bara Kecamatan Woja Kabupaten abupaten Dompu Bripka Rusnadin, dalam kesempatan ini menyelesaikan masalah yang di alami warga binaannya yaitu warga Dusun Lapangan,Desa Bara, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, pada hari senin 10 april 2023, sekitar pkl. 21.00 Wita

Adapun permasalahan yang di hadapi warganya, terkait permasalahan antara pihak pertama Ibu Nurmi dan pihak kedua Ibu Hamidah, kedua warga di desa binaannya berkelahi , karena pada Awalnya gara gara perkelahian anak anak, sehingga menyebabkan keduanya terjadi cekcok dan berujung perkelahian,dan oleh ibu Nurmi mendatangi polsek Woja untuk membuat pengaduan terkait dengan kejadian itu, setelah dilakukan mediasi oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa kedua belah pihak berdamai, .

Kapolsek Woja IPDA Zainal Arifin S.I.P mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan Polri dalam melayani masyarakat turut membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan mengundang kedua belah pihak untuk bertemu dan musyawarah di rumah warganya yang berada di Dusun Lapangan,Desa Bara, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu

“ Alhamdulillah dengan di dampingi oleh aparat Kedua pihak keluarga permasalahan tersebut telah di selesaikan dengan damai antara kedua belah pihak tanpa adanya permintaan ganti rugi ataupun paksaan dari pihak manapun,” terang Kapolsek.

Sementara itu dalam penyelesaian masalah tersebut, Bhabinkamtibmas juga memberikan nasehat dan pesan kamtibmas kepada kedua belah pihak agar tercipta rasa aman dan damai dalam mewujudkan situasi yang kondusif.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas untuk melakukan giat problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas,”ucap Kapolsek.( Om Jeks )