POLRES DOMPU

Bhabinkamtibmas Doromelo Lakukan Sosialisasi PMK Kepada Kelompok Tani Ternak

Spread the love

Lintasrakyat-ntb.com:-Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Doromelo , Kepolisian Sektor (Polsek) Manggelewa, Aipda Erdan memberikan sosialisasi upaya pencegahan dan penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi yang sedang menjadi trend saat ini kepada peternakan sapi di desa setempat, Kamis (29/09/2022).pukul 09.00 witta

Pada kesempatan itu, Aipda Erdan juga meninjau kandang sapi milik warga yaitu milik Bapak Yusuf yang berlokasi di Dusun Makmur Desa Doromelo dan Bpk Ilyas Ibrahim yang berlokasi di Sanggopa sante,
Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dan menyampaikan pesan- pesan tentang pencegahan terhadap PMK pada sapi.

Aipda Erdan  menerangkan, upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK dengan meningkatkan kesehatan, dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan di sekitar kandang agar tetap dalam keadaan bersih.

“Kami meminta warga tidak perlu panik, karena penyakit PMK tidak menular kepada manusia. Kita tidak usah takut mengkonsumsi daging sapi maupun daging hewan lainnya,”pintanya.

Apabila ada hewan ternak sakit, ucap dia, agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, sehingga mendapatkan pengobatan dengan baik.

Dia juga meminta, kepada peternak tidak perlu menjual hewan tersebut, namun perlu diisolasi dan diobati agar dapat sembuh”

Di tempat terpisah Kapolsek Manggelewa Iptu Ramli SH, mengatakan ” Sebelumnya Saya telah mengintruksikan kepada seluruhnya jajaran Polsek Manggelewa , khusunya para Bhabinkamtibmas agar melakukan sosialisasi dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran PMK pada hewan ternak di Kecamatan Manggelewa Kabupaten Kabupaten Dompu”jelas Kapolsek saat di kompirmasi oleh Awak Media ini.
(Om Jeks )