Uncategorized

Keluarga Besar Ponpes DARUN HAMZANWADI NW Nusa jaya Selenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Spread the love

Manggelewa:-Lintasrakyat-NTB.Com:-Keluarga besar Pondok DARUN HAMZANWADI NW Nusa jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan Ponpes DARUN HAMZANWADI NW Nusa jaya (19/10/2021).

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW ini dihadiri oleh,Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Dompu, Camat Manggelewa,Perangkat Desa setempat,Tokoh agama,Tokoh Masyarakat,Wali santri,santri Pondok Pesentren DARUN HAMZANWADI NW Nusa jaya,dan Masyarakat sekitarnya.

Seperti biasa acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilanjutkan dengan sambutan dari
Bapak USTADZ ASHAR QH.S.PdI selaku Pengurus NAHDATUL WATHAN SEKALIGUS an.Pimpinan Ponpes DARUN HAMZANWADI NW Nusa Jaya USTADZ ASHAR,QH.S.PdI menyampaikan bahwa Pondok Pesantren DARUN HAMZANWADI NW Nusa Jaya Istiqomahkan melaksanakan maulid nabi Muhammad dan semoga dalam majelis ini kita dapat saling mengajak untuk berbuat baik sekecil apapun dan mencegah yang ada.” (Ucap USTADZ ASHAR, QH.S.PdI.)

Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah diperingati oleh mayoritas penduduk muslim di dunia,termasuk Indonesia.Meski saat zaman kenabian hari Maulid belum dilakukan,di masa sekarang peringatan ini menjadi perayaan besar yang diselenggarakan oleh banyak umat Islam di seluruh dunia Bahkan Umat Islam Di Indonesia. Acara Maulid Nabi Juga Sudah Menjadi Tradisi Ponpes DARUN HAMZANWADI NW Nusa Jaya.

Kemudian pengajian umum disampaikan oleh penceramah AL-MUKARRAM TGH,LUKMANUL HAKIM.MA(salah seorang Masyaikh Ma’had NW Anjani Lombok Timur) ,Dalam uraian hikmah,TGH.LUKMANUL HAKIM, MA. menyampaikan Pengajian Umum Dengan Tema”MENELADANI AKHLAK DAN PERJUANGAN RASULULLAH SAW UNTUK MEMBANGUN GENERASI MUDA YANG CERDAS DAN BERAKHLAK MULIA”

Adapun Beberapa hikmah yang dapat diambil dari Maulid Nabi Muhammad SAW Yang Disampaikan Oleh AL-MUKARRAM TGH.LUKMANUL HAKIM,MA.adalah sebagai berikut:

  1. Kita dapat meneladani sifat dan akhlak Nabi Muhammad SAW dalam hal kesabaran,keteguhan hati, dan terutama perjuangannya di jalan Allah SWT.
  2. Semua sifat Nabi Muhammad SAW perlu dan wajib untuk diteladani Nabi Muhammad SAW seperti sosok sempurna cerminan Al-Qur’an yang hadir di tengah-tengah umat manusia dengan kabar gembira.

Hikmah lain yang dapat diambil yaitu meneguhkan rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW. Kecintaan kepada utusan Allah SWT harus melampaui kecintaan kita kepada segalanya.Oleh karena itu, untuk mempertahankan kecintaan kita pada Nabi Muhammad SAW.Maulid Nabi menjadi salah satu pengingat kita untuk selalu memegang teguh prinsip tersebut. Merayakan hari Maulid Nabi dapat dilakukan dengan membaca sholawat dan melakukan hal-hal kebajikan lain seperti santunan kepada anak yatim.Demikianlah beberapa hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW yang dapat kita jadikan pelajaran hidup.

Ketua Panitia,LALU MUSYAWIR.QH.S.PdI saat di wawancarai oleh awak media mengatakan”Tujuan diadakan Maulid Nabi Muhammad SAW ini adalah ekspresi syukur kepada Allah SWT atas Kelahiran Nabi Muhammad SWT.Dan Kita Berharap semoga kita termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan syafa’at Nabi dan Mudah-mudahan kelak kita dapat berkumpul bersama di surganya Allah SWT… Aamiin YRA. tutupnya”

Di Tempat Terpisah Bapak USTADZ RAPI’I,QH.S.PdI Menjelaskan saat di wawancarai oleh awak media”Untuk kedepan Kami selaku pengurus pondok akan berupaya Menambah Ruang Asrama, Semoga Tahun Depan Pondok kami Dapat Bantuan Asrama, MCK Putri, karena tahun Ini Kita Sudah Dapat Satu Paket MCK Putra dari PUPR.Mengingat kita sudah punya santri sebanyak 80 Orang dan masih ada santri yang mau masuk lagi tapi kami masih kekurangan ruangan.Dan untuk saat ini kami sedang membangun asrama tambahan sebanyak 8 Asrama, 4 Asrama untuk santri Putri (Aspuri) dan 4 Asrama Putra (Aspura). “tutur Rapi’i”

Reporter : EMI MULYANA, S.Pd
Editir       : OM JEKS/EMI