POLRES DOMPU

Samapta polres Dompu kerahkan mobil tangki ke area vital terdampar banjir

Spread the love

Lintasrakyat-ntb.com. Dompu– Sebagai bentuk kepedulian (baca: Empati) terhadap Korban Banjir, Polres Dompu melalu Sat Samapta mengerahkan personil yang dilengkapi dengan mobil tangki air, dan sejumlah paket sembako, Senin (5/4/2023) sekira pukul 09.00 Wita.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka membantu warga membersihkan rumah dan lingkungan sekitar yang terkena dari material lumpur dan sampah yang dibawa luapan saat bencana banjir terjadi.

Turut mendampingi anggota Samapta saat kegiatan berlangsung antara lain Kabag Ops AKP Syamsurrijal S.Sos, Kasat Samapta Akp Balok Suswantoro, Kaurbinopsnal Satsamapta Iptu Rus’an, serta Kasi Humas Polres IPDA Akhmad Marzuki.

Pada pelaksanaannya, sejumlah titik terdampak banjir seperti di Lingkungan Magenda, Kelurahan Potu, Kecamatan Dompu dan beberapa titik lainnya dijadikan sasaran semburan air muatan mobil tangki tersebut.

Sementara areal yang dijadikan sasaran tembak antara lain, rumah warga yang selokan, ruas jalan hingga tempat yang dianggap vital lainnya yang sempat disentuh oleh kepungan banjir nahas Selasa Petang kemarin.

Di samping pembersihan, warga juga menyempatkan mengambil air untuk keperluan sehari-hari. Sementara sebagian personil lainnya door to door membagikan sembako yang berupa beras, mie instan lengkap dengan telur.

Sebagaimana diketahui Bencana Banjir kembali menerjang sejumlah wilayah di 3 (tiga) wilayah Kecamatan, Dompu, Woja dan Manggelewa diakibatkan hujan yang turun dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah sejak siang hingga waktu petang, Selasa (4/3/2023) waktu setempat.

Untungnya tak ada korban jiwa yang dilaporkan saat gempuran banjir bandang tersebut, namun terkait peristiwa Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., mengemukakan terkait terjadinya Banjir disebabkan intensitas hujan yang tinggi deras dengan durasi yang relatif lama.

Akibatnya, luapan sungai yang membawa tumpukan material sampah, kondisi sungai dangkal memungkinkan air menerjang rumah warga.

Untuk itu, Kapolres meminta terutama pada warga yang tinggal di bantaran sungai, agar meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap timbulnya banjir susulan.

Ia menegaskan bahwa saat banjir menerjang, Jajaran Kepolisian mulai personil Polres hingga Polsek telah diperintahkan untuk turun langsung membantu mengevakuasi warga serta barang-barang rumahan yang ada.
(Bustanul Arifin)