POLRES DOMPU

KEMBALI TERJADI LONGSOR DI NANGA TUMPU PERSONIL POLSEK MANGGELEWA TURUN KE TKP

Spread the love

 

Lintasrakyat-ntb.com :- Polres Dompu, NTB – Minggu (5/2/2023) malam sekira pukul 19.30 Wita, Tebing di Tanjakan Nanga Tumpu, Kecamatan Manggelewa untuk ke sekian kali menghadirkan ancaman terutama bagi para pengguna jalan yang melintas baik dari arah Dompu menuju Sumbawa dan sebaliknya.

Ancaman ini dikonfirmasi setelah aksi heroik Personil Polsek Manggelewa bersama Personil TNI dari Koramil Manggelewa menyingkirkan reruntuhan tanah dan bebatuan (baca: longsor) di tanjakan nahas itu.

Aksi spontan kedua personil ini, ditanggapi oleh Kapolsek Manggelewa, Iptu Ramli, SH., dengan menghimbau pada warga untuk berhati-hati melintasi jalur perlintasan Nanga Tumpu.

“Kami dapat informasi dari Bhabinkamtibmas Desa Nanga Tumpu dibantu Bhabinsa Desa terkait longsor yang kembali terjadi di tanjakan itu Minggu malam ini sekira pukul 19.30 Wita,” ungkap Kapolsek.

Sekitar pukul 19.00 Wita, kata Kapolsek, Anggota Bhabinkamtibmas menerima laporan adanya longsor yang mengakibatkan lalu lintas terganggu bahkan dapat mengancam nyawa para pengguna jalan.

“Mendapat laporan tersebut anggota BKTM bergerak cepat melakukan pengecekan tepatnya di tikungan Cilok Tanjakan Nanga Tumpu,” ujarnya.

Saat dilakukan pengecekan, lanjutnya, ditemukan adanya longsoran berupa material batu besar dan material batu kecil dan satu pohon tumbang sedangkan badan jalan hanya tersisa dua setengah meter .

Lebih lanjut, hingga sekitar pukul 21.00 Wita, anggota piket SPKT Polsek Manggelewa bersama BKTM Desa Nanaga tumpu serta Babinsa Desa tampaknya melakukan upaya pembersihan badan jalan dan Gatur Lalu Lintas.

“Material batu besar serta pepohonan tumbang, tak bisa di singkirkan dan untuk kendaraan yang lewat Mash jalan dengan cara buka tutup,” jelas Kapolsek.

Untuk itu, pihaknya melakukan upaya koordinasi dengan pihak terkait guna mengatasi bencana tanah longsor yang diakibatkan hujan deras melanda sejumlah besar Wilayah Manggelewa Minggu siang hingga sore tadi.

“Para personil tak mampu berbuat banyak mengingat bebatuan besar menutupi hampir separuh badan jalan,” tutur Kapolsek.

Sebelumnya, di sekitar lokasi pernah terjadi longsor, tepatnya pada Minggu (26/2/2023) sekira pukul 10.37 Wita, hingga Kapolsek Manggelewa sendiri terjun langsung dengan membawa Cangkul hingga Sekop untuk melakukan pembersihan jalan.

Maka, tambah Kapolsek, para pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat diminta agar berhati-hati.

“Sebab, bahaya longsor masih mengancam di sekitar lokasi Tanjakan,” pungkas Kapolsek.(Om Jeks )