POLRES DOMPU

Kasat Narkoba Polres Dompu Hadir Dalam giat sosialisasi di Desa Lapadi

Spread the love

Lintasrakyat-ntb.com:- Polres Dompu Polda NTB. Kasat Narkoba Polres Dompu IPTU ABDUL MALIK SH, hadir untuk memberikan sosialiasi bahaya Narkoba kepada Karang Taruna Rato Bedi Desa Lepadi yang berlangsung Desa Lepadi Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu pada hari Senin 07/03/2022

Kegiatan yang diprakarsai oleh Karang Taruna Rato Bedi Desa Lepadi tersebut dihadiri oleh , Kasat Narkoba Polres Dompu IPTU ABDUL MALIK SH, Camat Pajo M. KAMRUN SH, Kapolsek Pajo IPDA RUSNADIN, Kades Lepadi SUDIRMAN AHMAD, Babinsa Desa Lepadi SERDA RUSLAN, Tokoh masyarakat, tokoh perempuan, Tokoh agama, Generasi muda lebih kurang 50 orang

Adapun rangkaian kegiatan adalah sebagai berikut,yaitu di awali dengan kata Sambutan,dalam hal ini di sampaikan oleh, Ketua Karang Taruna Rato Bedi Desa Lepadi JAINUDIN,yang pada awal sambutannya mengucapkan, Selamat datang kepada Kasat Narkoba dan Camat Pajo,menurutnya, tujuan diadakannya giat ini adalah dlm rangka menciptakan generasi muda Desa Lepadi yg sehat dan bebas dr Narkoba.

Di lanjutkan denga Kades Lepadi SUDIRMAN AHMAD,dalam ucapan nya belio mengucapakn terima kasih kepada ketua karang taruna yg telah mengadakan giat Sosialisasi ini dlm rangka mensosialisasikan bahaya Narkoba dan meminimalisir peredarannya di Desa Lepadi,

Menurutnya di Desa Lepadi indikasi pengguna Narkoba di dominasi oleh generasi muda maka dr itu kegiatan ini saya menganggap sangat cocok dan semoga bermanfaat karena rusaknya sebuah bangsa diawali dr rusaknya moral generasi muda. Selain Narkoba di Desa Lepadi juga marak adanya giat perjudian maka kami harap agar hal ini bisa dihilangkan dan mendapat perhatian dari Kapolsek Pajo

Camat Pajo M. KAMRUN SH juga menyampaikan, memberikan apresiasi kepada ketua karang taruna dan anggota atas adanya giat sosialisasi bahaya narkoba ini dan ini merupakan langkah positif yg patut kita tiru dan dukung maka dr itu saya berharap kepada semua Kades sekecmatan Pajo agar menyisihkan anggaran Desa utk menyokong kegiatan seperti ini. Disamoing itu agar ketua Karang Taruna menggali budaya lokal yg bernilai positif utk dikembangkan misalnya mengaktifkan generasi muda utk memakmurkan mesjid dan mengadakan kegiatan-kegiatan olah raga.

Kapolsek Pajo IPDA RUSNADIN dalam sambutannya ,beli Berharap agar giat seperti ini dilakukan secara rutin dan kontinyu setiap tahun dan Desa menyediakan dananya, menyikapi sambutan Kades Lepadi terkait adanya giat judi agar masyarakat atau pemerintah desa proaktif dgn melaporkannya kepada kepolisian dan Insya Allah akan kami sikapi dan tindak lanjuti.

Penyampaian materi dan Sosilisasi Narkoba oleh Kasat Narkoba Polres Dompu IPTU ABDUL MALIK SH,, Penyampaian diawali dgn pengertian dan bahaya Narkoba bagi generasi muda yg disertai dgn efek dan dampak penggunaan Narkoba.
“Narkoba merupakan musuh kita bersama maka peran serta dan kerja sama antara pihak penegak hukum dgn masyarakat sangatlah penting.jelas kasat
.
“Kali ini saya ingin kita sedikit fokus dgn trend kasus Narkoba yg ditangani oleh penyidik di Satres Narkoba Kab. Dompu mengalami kenaikan yg signifikan dari tahun ke tahun bahkan tahanan di Rutan Polres Dompu saat ini di dominasi oleh tahanan dari Kasus Narkoba ( dgn perbandingan dlm 100 orang tahanan 80 orang diantaranya adalah tahanan kasus Narkoba )”

“Bahkan diawal tahun 2022 ini saja kami sedang melakukan upaya penegakan hukum terhadap 21 orang tersangka dgn 15 kasus Narkoba. Bahkan di Rutan Polres Dompu dan Lapas Dompu saat ini sdh over kapasitas dan memprihatinkan, maka dari itu sekali lagi jalan keluarnya bukan hanya dgn tangkap dan proses hukum tapi giat seperti ini juga kami harapkan dlm rangka memberika pemahaman dan bahaya Narkoba”

Lanjut kasat narkoba polres Dompu menyatakan” Dalam rangka menekan dan mengurangi meningkatnya kasus Narkoba kami dari Satuan Fungsi Narkoba secara intens melakukan upaya sosialisasi dgn menghadiri seminar seperti ini dan upaya penyuluhan2 rutin setiap hari Jum’at dgn metode Safari keliling dari mesjid ke mesjid sambil melakukan kegiatan sosial kepolisian dgn memberikan bantuan kepada mesjid-mesjid yg dikunjungi”

“Upaya menekan penyebaran Narkoba sebenarnya bukanlah semata tugas Kepolisian akan tetapi merupakan tugas dan kewajiban kita bersama terutama dari pihak keluarga hal ini jauh lebih efektif dan efesien. Untuk itu kami dari Fungsi Narkoba sangat berharap peran serta dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan alim ulama karena tanpa ikut campur dan kepedulian kita semua maka penekanan penyebaran Narkoba sangatlah sulit utk kita wujudkan.Tutp Abdul Malik.{ Om Jeks)