Uncategorized

Tim Nakes Rumah Sakit Pratama Manggelewa Gelar Vaksinasi ‘Door to Door’ ke berbagai Pelosok

Spread the love

Dompu:-Lintasrakyat-ntb.com:-Tim tenaga kesehatan (nakes) yang juga vaksinator dari Rumah Sakit Pratama Manggelewa menggelar vaksinasi dengan cara jemput bola di Desa Nangatumpu Kec Manggelewa Kabupaten Dompu .Kamis (02/12/2021). Pada kegiatan itu tim nakes memberikan pelayanan lengkap untuk vaksinasi seperti dilakukan di tempat lain.

Tim Pelaksana,Dedi Fahrudin S.kep,menjelaskan” Saat kegiatan berlangsung kami bersama tim selalu di Kawal oleh.pihak keamanan dari TNi-POLRI,seperti halnya kegiatan di Desa Nanga Tumpu Bhabinkamrikmas dan Babinsa desa setempat selalu siaga mendamping kami saat melaksnaakan kegiatan vaksin”ungkap Dedi

Dedi Fahrudin S.kep juga mengatakan”Dalam memberikan pelayanan vaksinasi, tim nakes memeriksa warga yang akan diberi suntikan vaksin melalui skrining kesehatan. Tim menyarankan warga yang tidak lolos pemeriksaan kesehatan untuk menunda vaksinasi sampai sembuh.

“Jadi kami hanya memberikan suntikan vaksin kepada warga yang lolos skrining kesehatan. Warga yang tidak lolos skrining kesehatan ditunda vaksinasinya,” kata Ketua Tim Pelaksana,Dedi Fahrudin S.kep saat di.Kompir masi oleh awak Mesia ini via Whatsyapp pribadinya.

Sementara Tim Pelasanan Vaksinasi yang ikut terlibat ,Direktur : dr Husni Mubarak dan Ketua Tim.Pelaksanaan adalah Dedi Fahrudin,S.Kep bersama anggota yang profesionalnya,dr Muarif Ramdhan,dr Erma Ismayani, Evi Sulvi,AMdKep, Anggi Anggriani, AMdKeb, Nurul Furqan, AMdKep, Satrya R. Buana, AMdKep, Dewi Ernangsih, AMdKg, Tris Februanti, AMdKg.

Setelah vaksinasi, para peserta harus menjalani masa observasi selama 30 menit untuk melihat tanda-tanda KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi). Setelah itu, mereka dipersilakan pulang ke rumahnya masing-masing.

Selama vaksinasi, tim Rumah Sakit Pratama Manggelewa menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Semua warga yang akan dan telah divaksin harus memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Sebelumnya mereka menjalani mekanisme pengukuran suhu tubuh.

“Kami akan melanjutkan vaksinasi jemput bola ke kampung-kampung di pelosok Kecamatan Manggelewa untuk membentukan kekebalan komunal di tengah masyarakat guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” kata Dedi

Alhamdulillah akhir akhir ini Semua warga sudah tidak ada lagi yang takut di vaksin,sala satunya Desa Nangatumpu kec Manggelewa adapun jumalah warga yang di vaksin untuk pralansia (50-59 thn) denfan Dosis 1 = 5 orang dan Dosis 2 = 18 sedangkan vaksinasi usia 18-49 thn dengan Dosis 1 = 36 orang dan Dosis 2 = 56 orang sementara untuk vaksinasi lansia dengan Dosis 1 = 12 orang dan Dosis 2 = 7 dan vaksinasi remaja dengan Dosis 1 = 9 orang dan Dosis 2 = 7 orang,jadi total pencapaina vaksin 150 orng

Tim Puskesmas tidak mempedulikan medan yang berat dengan jalan yang sulit dilalui kendaraan bermotor untuk sampai di kampung target vaksinasi. Mereka ikhlas berjuang demi mewujudkan masyarakat yang terbebas dari penularan Covid-19. ( Om Jeks )